Rabu, 01 Agustus 2012

Pendidikan Anak Usia Dini


Pendidikan anak usia dini atau PAUD saat ini sangatlah penting bagi perkembangan anak dimasa mendatang, karena turut menunjang perkembangan anak dalam segala aspek baik itu dari aspek kognitif,, moral, agama, sosial emosional, bahasa maupun fisik motorik.
Di Paud yang paling utama adalah mengajarkan pembiasaan-pembiasaan yang baik bagi anak,bagi orang sunda adat sunda yang paling diutamakan,seperti menerima sesuatu dengan tangan kangan, atau kalau anak lewat di depan ada orang lain terbiasa menyabut kata "punten",maupun bersosialisasi dengan lingkungan,supaya nanti anak tidak terkejut menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya atau Sekolah Dasar.
Di Paud sendiri tidak ditekankan belajar CALISTUNG atau baca tulis berhitung seperti di sekola dasar.
Boleh saja mengajarkan anak membaca menulis dan berhitung, namun harus dengan catatan di Paud pembelajaran harus di sajikan secara menyenangkan atau menggunakan metode seperti bernyanyi, bercerita,bermain, karyawisata dsb.
Pembelajaran di Paud sendiri menggunakan prinsip "bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain", maka dari itu pembelajaran di Paud haruslah menyenangkan, tidak boleh membuat anak tegang.




PAUD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar